Selasa, 22 September 2015

Suka Duka Perekam Medis


katanya sih kalo gag kenal maka tak sayang jadi gimana kalau saya kenalin tentang pekerjaan saya? yah biar sobat juga tahu nih lumayanlah nambah ilmu.
kalian tahu apa pekerjaaanku?
Pasti jawabannya belum tahu la wong aku belum kasih tahu, kasihnya cuma tempe doank hehehehe. Langsung to the point aja yah biar cepet selese, males ngetik banyak-banyak, buat apa cobak hahahaa. Malah makin panjang aja wkwkwkwk

Saya bekerja sebagai seorang rekam medik di sebuah puskesmas kota surabaya, tepatnya di puskesmas lidah kulon jl.menganti lidah kulon no.5 kec. Lakarsantri surabaya dengan kode pos 60213 kalo tidak tahu lokasi tepatny kalian bisa tanya abang-abang JNE, nah loh knp pake nanya abang2 JNE jangan2 saya mau promoin yak, bukan-bukan saya ga promoin JNE, saya bilang tanya abang JNE karena eh karena mereka sering banget ke puskesmas lidah kulon, emang bukan berobat se, mereka hanya mau minta tanda tangan saya aja,


maklum lah saya kan artis hehehee (nyegir jaran). Daripada jadi fitnah mending saya perjelas saja kenapa Jne sering ke puskesmas lidah kulon! Ya karena mereka kirim barang lah kan saya juga suka beli online dan kebetulan saya lah orang pertama yang menyambut mereka dengan mesra huahahaha maho banget jadinya lakan. Nah loh jadi kerjaan rekam medik itu nerima jne ni hahahaha. Bukanlah broo or siiiss... nih saya kasih tahu apa itu rekam medik

Sebelum saya kasih tahu apa itu rekam medik, saya akan memberi sedikit gambarannya dan semoga kalian mengerti. Didalam sebuah instansi pelayanan kesehatan setiap pasien memiliki sebuah catatan perjalanan penyakitnya masing-masing mulai dari awal berobat sampai sekarang dia berobat di instansi tersebut,mulai dari penyakitnya apa, tindakannya apa,obatnya apa, selain catatan kesehatan rekam medik juga mencatat identitas pasien mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, status kawin, tempat dan tgl lahir, pekerjaan, dll. Banyak banget ya? Iyalah kalau pengen tahu kenapa mesti sedetail itu bisa PM saya :)


Seorang rekam medik bertugas mengolah catatan kesehatan tersebut atau biasa disebut rekam medis. Mulai dari penomoran, penyimpanan, pelaporan dll. Dan semuanya harus sesuai dan tidak boleh salah karena rekam medis adalah sebuah rapot bagi sebuah instansi kesehatan.
Wuih keren ya pekerjaan saya hahhaha itu kalau di rumah sakit, nah saya kan di puskesmas, sebuah instansi pelayanan kesehatan dengan ruang lingkup yang lebih kecil. Bagaimana pekerjaan  seorang rekam medik di puskesmas yuk mari kita simak bareng2 hehehe.

Seorang rekam medik puskesmas tidak jauh dengan rekam medik di rumah sakit, tetapi disini saya harus membantu pelayanan pendaftaran pasien, saya bekerja mulai 08.30 pagi, saya memanggil setiap pasien satu persatu menanyai nama yang sakit, keluhannya apa,membuat berkas rekam medis atau mengambil berkas jika pasiennya pernah berobat, kemudian melakukan simpus(sistem informasi puskemas), mengantarkan berkas ke poli, setelah agak siang saya bisa sedikit istirahat tetapi pekerjaan selanjutnya sudah menanti, kalau ada berkas rekam medis yang keluar pasti ada yang kembali gag mungkin toh tu berkas bisa balik sendiri ke tempat semula dengan rapi dan benar, walaupun sebenarnya pengen juga seperti itu hehehe pake bantuan jin kali yak bisaa hahaha.



Jadi siang saya keliling lagi ke poli-poli untuk mengambil semua berkas, mengurutkan sesuai nomor, dan memasukkan ke rak penyimpanan semula. Wah sepertinya enteng banget ya pekerjaan saya hehehe ya emang enteng kalo kerjanya pake senyum trus orang lain yang ngerjain hahaha. Setelah itu setiap hari saya harus membuat laporan kunjungan pasien kalau ini si udah dibantu ma teman saya, jadi kita berdua tinggal nyocokin data antara simpus dan dari buku kunjungan.
Itulah pekerjaan saya sebagai seorang petugas rekam medis puskesmas selama 3,5 tahun ini. Memang kelihatan ringan dan sepele dan bisa dikatakan sebuah pekerjaan yang tidak dapat dibanggakan apalagi yang mau cari menantu dokter,polisi,tni, or presiden pasti kalau tanya pekerjaan anak apa? Rekam medik om? Apa itu rekAm medik? Rekam medik itu bla bla bla dan si om cuma jawab! Oohhh hmmm.gajinya berapa nak? Cuma umr om!. Dalam hati pasti bilang apa ya tadi . .  Dalam hati pasti bilang apa ya tadi dan dengan belagak bodoh bilang not recomended menantu hahahajiir


Tapi meskipun begitu saya bangga dengan pekerjaan ini, dimana pekerjaan ini mempertemukan saya dengan orang-orang yang luar biasa, saya bisa melayani mereka tanpa memandang status mereka dan dengan pekerjaan ini dapat belajar menghargai orang lain dan melihat betapa beruntungnya saya dibandingkan dengan pasien saya. Meskipun gaji saya kecil tapi bukankah saya sudah kaya, dengan semua indra yang lengkap, berfungsi normal dan juga kesehatan yang dilimpahkan tiap hari. Sujud syukur kepadamu Ya Allah.

Seorang kawan pernah berkata! Sebuah pekerjaan bukanlah di ukur dari seberapa banyak uang yang kau dapat atau kau banggakan, pekerjaan adalah dimana kau dapat bahagia dengannya dan dapat bermafaat bagi orang lain. Sebuah kata yang membuat saya sadar meskipun saya bukan seorang dokter yang bisa mengobati, presiden yang dibanggakan rakyat, polisi yang disegani pengguna jalan. saya dapat membantu pasien agar pelayanan mereka berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala.
Itulah cerita tentang pekerjaan saya, emang gag detail, mau di detailin tapi jari dah capek buat ngetik hahahaha. Ya mungkin ini cerita bisa ditulisin bersambung aja kali yak biar kayak cerita2 sinetron di tipi tipi tuhh hehehehe.
Wassalam.

Writted, Nur Endi Syaifudin

9 komentar :

  1. kok pengen nangis ya kak baca artikel ini :')

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kak waktu mau masuk jurusan rekam medis pelajaran yg nilainya diambil apa aja yaa

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Memang gaji seorang recam medis itu relatif rendah ya kak atau cuma standar??

    BalasHapus
  6. kak klo mau jadi rekam medik harus sarjana/d1 juga udah bisa langsung kerja?

    BalasHapus
  7. kak klo mau jadi rekam medik harus sarjana/d1 juga udah bisa langsung kerja?

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat bagus sekali, bermanfaat dan menambah wawasan. Untuk keperluan pelayanan ada mesin yang sangat penting, mesin yang akan di produksi massal, mesin fenomenal dan viral di masa sekarang dan masa depan yaitu : klik di bawah ini ...
    MESIN ANTRIAN
    MESIN ANTRIAN BANK
    MESIN ANTRIAN PUSKESMAS
    MESIN ANTRIAN RUMAH SAKIT
    MESIN ANTRIAN KANTOR
    MESIN ANTRIAN KECAMATAN

    Pabrik mesin antrian terraguno, handal dan terpercaya.

    BalasHapus
  9. Mau ambil jurusan D3 rekam medis ,eh Nemu artikel ini minatnya jadi anjlok��,gaji nya emang se kecil itu kak?

    BalasHapus