Selasa, 15 September 2015

Review Pasak Y Stake untuk anti badai


Hai sobat bedes
Kali ini saya akan mencoba sedikit mereview tentang sebuah pasak(bukan pasak bumi yang bikin kuat semaleman lo yaaa hahahaha). Pasak tersebut biasa disebut pasak y ato dalam bahasa linggisnya disebut y stake :). Yaps sebuah tenda dalam pendakian haruslah dilengkapi pasak untuk memudahkan kita untuk mendirikan tenda, kecuali kalian kagak pake tenda maybe pake bivak alam, flyseet yang ditali d pohon, cuma lembaran matras trus berselimutkan sarung bag or jas ujan yang langsung dipake trus tidur dengan pules( hahaha saya banget yang satu ini).

Pasak berfungsi untuk menancapkan tenda ke tanah agar tenda tidak kabur saat diterpa angin mungkin tendanya sedang mencuri trus dikejar ma satpam makanya kabur dia hehehe. Udah2 becanda trus kpn seriusnya :D. Oke2 serius mode on. Selama ini kalian pasti mengenal pasak terbuat dari sebuah besi berbentuk L yang ujungnya ditancapkan ke tanah. Ya anggapan anda memang benar tapi tahukah anda bahwa pasak model L sperti itu sering kali kehilangan daya cengkramnya ke tanah sehingga tidak sedikit pasak terlpas dari tanah dan kita mesti benerin pasat tersebut..huft macam php aja dah dibenerin ehhh tu pasak keluar lagi dari peraduan. Dah dipasang miring 45derajat seperi kata kakak2 pendaki tetep aja di php lagi d php lagi kan ayass capek cuiiin....
Hahhahaha. Malah jadi banci kembang kuning.


Selain suka php pasak model L juga terbuat dari bahan yang cukup berat, beratnya sih buat saya soalnya saya kan dah tua beda ma si porter jingga dari driyorejo. Itu yang semuanya bisa di angkut.
Karena itulah sekarang telah diciptakan sebuah pasak model terbaru, pasak yang menurut legenda pasak anti badai, pasak ultralight dengan bobotnya yang ringan. Pasak ini biasa disebut pasak Y, kenapa dinamakan pasak Y? Emang karena model pasak ini mirip huruf Y. Dengan model Y pasak ini dapat mencengkram tanah dengan kuat karena dia akan menancap ke tanah dan dengan model Y membuat tali tenda tidak akan berputar dan mengakibatkan tali tenda terlepas. Sungguh luar biasa. Ckckckc selain itu dengan bobot yang ringan (sekitar 18gr perpasak) pasak ini cocok bagi mereka yang menganut paham ultralight.hmmmm. super sekali.

Dulu pasak model seperti sangat sulit dijumpai tapi sekarang dengan banyaknya pendaki yang menganut paham ul pasak ini mulai bermunculan di belantika dunia pendakian. Dan harganya pun terjangkau. Kalo minat saya bisa orderkan kok hehehehehe otak sales.
Kemampuan pasak ini tidak diragukan lagi, sudah banyak pendaki-pendaki yang expert menggunakan pasak ini di setiap pendakiannya. Pasak ini biasanya berwarna mencolok mulai merah, kuning, hijau, dan dipangkal pasak terdapat sebuah lubang yang bisa diberi tali untuk memudahkan kita saat menariknya bahkan ada sebuah pasak yang diberi tali yang bisa menyala saat gelap sehingga kita dapat mudah mencari pasak tersebut saat malam.biasanya hanya merk2 tertentu saja.

Dari sekian banyak fungsinya yang beragam pasak ini memiliki kelemahan, dan itu adalah karena ujung pasak tersebut tumpul sehingga untuk menancapkan ke tanah apalagi tanah yang keras kita akan kesulitan. Pernah waktu itu tanah yang digunakan untuk memasang tenda sangat keras sehingga saya mesti membasahi tanah dengan air dan menggalinya dulu, baru saya tancapkan pasak ke tanah, tapi tumpul pasak tersebut bukan tanpa alasan. Ujung pasak memang sengaja dibuat tumpul agar pasak tidak melukai tenda saat di simpan.
Itulah review saya tentang pasak Y. Jika ada salah kata saya ucapkan minta maaf. Karena kita tahu manusia adalah tempat salah, kesempurnaan hanya milik Tuhan Y.M.E. sekian dan terima kasih

Ringkasan
Kelebihan
1.Ringan
2.kuat
3.harga terjangkau
4.mudah dicari saat hilang
5.barang keren hehehe
6.bisa buat konde( ga dicantumin dalam review):D

Kekurangan
1.ujung tumpul, tapi ada alasannya
2.mahal bagi yang g punya uang hehehe
3.isi sendiri yaaaa heheheh

Writted,  Nur Endi Syaifudin
Bedes Gunung

Tidak ada komentar :

Posting Komentar