Kamis, 10 September 2015

BERBAHAYA, jangan GALAU kalau lagi di gunung


ini nih sob, saya mau sedikit cerita tentang yang namanya galau, what? galau? enggak salah nih yang dibahas? enggak sob nggak salah, emang bener ini saya mau cerita, udahlah jangan banyak tanya dengerin aja. sobat bedes jangan galau ya waktu kita lagi pendakian, kenapa? ada kisah nih tentang kejadian galau yang imbasnya saya rasakan sendiri, padahal yang galau itu teman saya namun saya pun jadi ikut-ikutan kena getahnya.

Namanya Nisa Prilly M.A biasa di panggil bedes wedok maupun lanang (lanang itu bahasa jawa yang artinya laki-laki) padahal sebenarnya dia wanita eh nggak tau juga sih masih diragukan jenis kelaminnya, belum ada penelitian lebih lanjut dari BPOM :D wkwkwk makanan kali ya?


si nisa ini anaknya kecil kurus (tapi sekarang jadi agak gedean dikit sih dikiiiit sejak dia kerja di restoran, apanya nih bro yang gede dikit? itutuh anu ituu anu hmmmm WTF) item jelek nangisan cerewet, becanda nis hahaha kalo ngomong nih logatnya ndeso banget XD hahaha saya bully kamu ya di post ini. tinggalnya di daerah tumpang, malang biasanya rumahnya jadi tempat transit para bedes-bedes kalau mau naik ke semeru, transit ya? kayak bandara aja hehehe. nih anak udah sering naik gunung sejak sekolah apalagi nih ayahnya juga seorang pendaki.



kalau temen-temen bedes lagi transit nih di tumpang, pasti ada aja si yang bisa di bahas sama bapaknya. saya paling suka kalo si bapaknya lagi cerita jadi seperti ikut ngebayangin tuh alur ceritanya. hebatnya nih bapak meski usianya sudah lanjut tapi tenaganya joss orangnya nggak mau diem, masa iya hiperaktif? hihihi becanda pak. bapaknya pun gaul nggak seperti orang tua lainnya yang sebagian besar gaptek dan jadul nih bapak suka banget belajar hal-hal baru dan apaja dia tau, sampe-sampe nih saya pernah diajak ngomong pake bahasa inggris-jerman-belanda-sama jepang kalo gag salah. dan di situ aku merasa sedih kok aku dengan umur yang muda ini cuma bisa ngeweh :O.

nah disini kenapa saya kok bilang jangan galau waktu pendakian sob?
saya ini sob pernah diajak nyasar sama si nisa ini, nggak gila ni sob. masa saya diajak nyasar? kalo mau bunuh diri ya temenya jangan di ajak juga dong hehehe bercanda nis :D.
ceritanya gini waktu summit attack semeru nisa pingsan 2x dan ditolongin sama temen-temen ternyata eh ternyata mungkin itu pertanda kali ya kalo mau terjadi sesuatu. eh ternyata oh ternyata beneran, enggak tau kenapa kok ada sinyal dan hp nisa ada sms masuk tiba-tiba si nisa ini nangis kenceng banget suaranya, mafasnya sesek, airmatanya kayak air terjun idungnya kembang kempis, keluar cairan ijo dari hidungnya wkwkwk nggak-nggak sampe kayak gitu. isinya sms apa coba? ternyata eh ternyata kata-kata putus dari pacarnya loh. apaaaa?

isi smsnya ituloh sinetron bangeet hahaha ini cekidot sob :
"sepertinya kamu lebih memilih teman-teman kamu dari pada aku, kalau gitu lebih baik kita udahan aja"
dimana si cowonya nisa ini cemburu karena nisa ikut kita sob, karena dia cewe sendirian dalam team, what cewe? cek aja dia noh cewe apa cowo hahaha, lah anehnya si cowonya saat itu juga lagi nganter orang ke suatu objek wisata yang lainnya, yang isinya cewe semua sob (-.-")


seperti peribahasa naik keatap pake tangga terus jatuh dari tangga kejatuhan tangga sekalian se genteng-gentengnya hehehe peribahasa ngawur. lah nggak gimana coba udah katanya abis kecelakaan beberapa hari sebelum pendakian, terus pingsan 2x waktu trekking, pake ditampar2 pipinya biar sadar, eh ada sms masuk minta putus. nih dia waktu aku baca smsnya terus aku kasih tau kan ke temen-temen malah nih temen-temen nanya nisa kenapa kelilipan? (nih temen-temen gimana bikin ngakak aja). nggak taunya nisa langsung naik keatas batu di tengah2 trek buat loncat. untung dia tak tarik.



skip aja setelah beberapa ada yang ngelajutin summit, si nisa sama hadi stay di jalur trekking 'udah nyerah'. nah waktu turun nih balik ke camp, temen-temen pada lari cepet kemudian menghilang di batas vegetasi. saya kasihan sama nisa, jadi saya temenin jalan sampe di daerah arcopodo dia bilang tau jalan buat potong kompas ke arah camp kalimati. disini saya nurut sob kan belum pernah naik sini sedangkan dia udah berkali-kali. disini awal kesalahan saya untuk nurutin apa maunya nerobos jalur. dan? semakin kedalam terus nyasar deh si nisa sadar dan panik kalo nyasar, jalur nggak ketemu di duduk di tanah nangis sambil nendang2 pasir kayak balita minta mimik susu wkwkwk.


untung seribu untung saya nggak kebawa suasana untuk panik, setelah 2x si nisa bergulung-gulung ria di atas tanah sambil nangis kayak balita minta mimik. saya terus memberikan kata-kata semangat untuk menciptakan pemikiran positif agar nisa bisa lepas dari keadaan stres, panik dan tertekan. rasional saya muncul untuk mencari jalan. akhirnya pun ketemu, gimana caranya saya naik ke tanah yang lebih tinggi sambil nyari apapun yang bisa jadi petunjuk. nah tiba2 ngelihat jejak sampah dari kejauhan, (kalo ada sampah berarti pernah ada orang lewat bisa juga bekas sampah yang terbawa oleh aliran air hujan) di ikutin deh arahnya dan akhirnya sampai di sumbermani kemudian menuju ke camp ground kalimati bertemu teman-teman kembali ternyata kami sangat beruntung mengambil jalur kekiri menuju sumber mani tidak kekanan menuju blank 75, Alhamdulillah segala syukur kepada Allah SWT yang masih memberikan kita ijin untuk melanjutkan hidup. kita berdua bebas dari tersesat selama mulai jam 10 siang sampe jam 3 sore (tau gak kalo waktu itu sampe jam 4 kita nggak kembali, bakalan di SAR oleh si mas ridwan dan dinyatakan orang hilang).




dari kesimpulan potongan cerita diatas yang pernah saya alami nih sobat, jangan sampai kita mengalami hal yang dinamakan galau, stres, melamun atau sejenisnya saat di gunung itu berbahaya, galau mampu mematikan otak kita untuk berfikir secara rasional sehingga kita tidak bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan tingkat resiko yang akan kita lakukan. sehingga jika ada orang yang mengikuti seseorang saat sedang galau maka dipastikan keputusan yang akan di ambil si orang galau ini tidak tepat bahkan bisa membahayakan. itulah pelajaran yang saya ambil adalah tetap berfikir rasional dan tetap memberikan support kepada yang lagi down mentalnya. karena lebih mudah melakukan suvival saat kita masih memiliki seorang teman untuk saling membantu dari pada sendirian yang bahkan bisa diserang sindrom kesunyian, ketakutan akan kehampaan.

so teman-teman sobat bedes, tetap jaga keselamatan, jaga pikiran agar tetap fokus dan siaga, yang pasti cepat respon terhadap sesuatu dan difikirkan dahulu saat mengambil keputusan, maupun saat kita akan mengikuti keputusan seseorang, fikirkan juga orang lain sebelum mengambil keputusan untuk diri sendiri.




Posted By, Kucink
Bedes Gunung

Tidak ada komentar :

Posting Komentar